Tuesday 2 August 2016

Nikmatnya Sate Lalat Khas Pamekasan, Madura

Tak susah memang menemukan kuliner sejenis sate Madura di berbagai daerah. Pasalnya setiap daerah ada saja orang yang menjual makanan khas pulau garam ini. Ya, orang Madura memang dikenal sebagai perantau ulung. Tak heran bila mereka datang ke daerah rantauan seringkali membawa serta makanan khas Madura.
Namun, cita rasanya seringkali sedikit berubah karena lebih menyesuaikan dengan budaya kuliner di daerah rantauan. Menikmati kuliner sate Madura yang paling pas ya di Madura, tepatnya di Pamekasan dengan kulinernya yaitu sate lalat.

Rasanya belum afdol datang ke Madura tanpa mencicipi sate lalat. Namanya memang sedikit ekstrim tapi itulah yang menjadi daya tarik para penikmat kuliner. Sate lalat atau biasa disebut sate laler masih menggunakan daging ayam atau kambing. Hanya saja bentuknya dipotong lebih kecil dari sate biasa atau seperti lalat sehingga orang Madura menyebutnya sate lalat.


Dalam satu tusuk sate biasanya berisi 3 sampai 5 potong daging. Karena potongannya lebih kecil sate lalat menggunakan lidi bukan bambu agar potongan daging tidak mudah rusak saat ditusuk.

Ciri khas sate lalat terletak pada bumbu kacangnya yang berbeda dengan bumbu sate lainnya. Sate lalat tidak menggunakan kacang goreng tapi menggunakan kacang yang sebelumnya telah disangar atau disangrai. Kemudian dimasak dengan air setelah itu baru dihaluskan. Irisan daging kecil-kecil membuat bumbu lebih meresap sehingga rasanya gurih dan nikmat.

Bila sepuluh tusuk sate biasa sudah cukup, porsi sate lalat bisa sampai 20 hingga 30 tusuk dengan pendamping lontong atau nasi. Agar tidak mudah gosong, sate yang telah ditusuk sebelumnya dicelupkan ke dalam minyak goreng. Proses pemanggangan juga tidak bisa dilakukan terlalu lama. Bahkan terkadang untuk menciptakan aroma yang khas dan nikmat penjual sate lalat seringkali membuat kecapnya sendiri.

Sate lalat mulai popluer sejak 25 tahun lalu di Pamekasan. Cara menjualnya juga identik dengan alat tradisional yang terbuat dari anyaman bambu lalu dipikul keliling kampung saat berjualan. Sate lalat bisa dinikmati di kota Pamekasan tepatnya di kawasan kuliner Saesalera Jalan Niaga dan Jalan Purba.

Berderet penjual sate lalat dapat ditemui di sini termasuk warung Pak Ento yang memang sudah lama menjual sate lalat. Biasanya warung sate dikawasan tersebut buka mulai sore hingga malam hari. Harga seporsi sate lalat dibandrol sekitar Rp 9.000 dan Rp 11.000 bila menggunakan lontong.

3 comments:

  1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE, Atau kunjungi situs PESUGIHAN DANA GAIB
    dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    ReplyDelete
  2. Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


    BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete
  3. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete